ASY'ARIYYAH AW MATURUDIYYAH DALAM I'TIQOD | SALAH SATU DARIPADA EMPAT MADZHAB DALAM FIQIH | BERTARIQAT DALAM TASAWUF

Tuesday, September 15, 2015

Antara Nama-nama Besar Ulama Bermadzhab Asya'irah


Berikut ini pandangan tokoh-tokoh Salafi atau Wahhabi yang mensesatkan setiap orang yang beraqidah Asy'ariyyah:


‘Abdullah ibn Baz dalam buku yang ia tulis sebagai bantahan terhadap Syekh Muhammad ‘Ali as-Shabuni, berjudul Tanbihat Hammah ‘Ala Ma Katabahu as-Syaikh Muhammad ‘Ali as-Shabuni Fi Shifatillah. Lihat dalam cetakan Jam’iyyah at-Turats al-Islami, Kuwait, h. 22, Ibn Baz menuliskan sebagai berikut:
“Sesungguhnya mensucikan Allah dari dari al-Jism (bentuk/tubuh), as-Shimakh (gendang telinga), al-Lisan (lidah), al-Hanjarah (tenggorokan) bukanlah model pembicaraan orang-orang Ahlussunnah. Akan tetapi hal semacam itu merupakan bahasan-bahasan para Ahli Kalam yang tercela yang mereka buat-buat saja” (lihat Tanbihat Hammah, h. 22).

‘Abd ar-Rahman ibn Hasan, yang merupakan cucu dari Muhammad ibn ‘Abd al-Wahhab, pendiri gerakan Wahhabi. Dalam tulisannya, setelah ia mengungkapkan kesesatan kaum Jahmiyyah sebagai kaum yang menafikan sifat-sifat Allah (Mu’aththilah), ia kemudian mengatakan:
“Kesesatan kaum Jahmiyyah ini kemudian diikuti oleh kaum Mu’tazilah dan kaum Asya’irah dan beberapa kelompok lainnya. Karena itu mereka semua telah dikafirkan oleh banyak kalangan Ahlussunnah” (Lihat buku mereka berjudul Fath al-Majid, cet. Maktabah Darussalam, Riyadl, 1413-1992, h. 353).
Shalih ibn Fauzan al-Fauzan, dengan tanpa sungkan ia berkata:
“Kaum al-Asy’ariyyah dan kaum al-Maturidiyyah adalah kaum yang menyalahi para sahabat dan Tabi’in, juga para Imam madzhab yang empat dalam kebanyakan permasalahan akidah dan dasar-dasar agama. Karenanya mereka tidak layak untuk diberi gelar Ahlussunnah Wal Jama’ah” (Lihat dalam karyanya berjudul “Min Masyahir al-Mujaddidin Fi al-Islam; Ibn Taimiyah, Muhammad ibn ‘Abd al-Wahhab”. Cet. Dar al-Ifta’, Saudi Arabia, 1408 H, h. 32).
Muhammad ibn Shalih al-‘Utsaimin, salah seorang pendakwah ajaran Wahhabi terdepan, dalam salah satu bukunya berjudul Liqa’ al-Bab al-Maftuh menuliskan sebagai berikut:
Soal: “Apakah Ibn Hajar al-‘Asqalani dan an-Nawawi dari golongan Ahlussunnah atau bukan?”.
Jawab (‘Utsaimin): “Dilihat dari metode keduanya dalam menetapkan Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah maka keduanya bukan dari golongan Ahlussunnah”.
Soal: “Apakah kita mengatakan secara mutlak bahwa keduanya bukan dari golongan Ahlussunnah?”.
Jawab: “Kita tidak memutlakan” (Lihat buku dengan judul Liqa al-Bab al-Maftuh, cet. Dar al-Wathan, Riyadl, 1414 H, h. 42).
Mereka telah menyesatkan para ulama sekelas al-Imam al-Hafizh Ibn Hajar al-‘Asqalani, al-Imam al-Hafizh an-Nawawi, al-Imam al-Hafizh al-Baihaqi dan para ulama terkemuka lainnya. Namun yang sangat mengherankan; di saat yang sama mereka juga menggunakan karya-karya para ulama Ahlussunnah tersebut sebagai referensi kajian mereka. Hasbunallah.

Berikut adalah kalam salah satu Ulama beraqidah Asy-'Ariyyah:

al-Imâm al-Hâfizh Ibn Hajar al-Asqalani asy-Syafi’i al-Asy’ari (w 852 H) dalam karyanya sangat mashur Fath al-Bari dalam menjelaskan kesucian Allah dari tempat dan arah, beliau menuliskan:
“Bahwa arah atas dan arah bawah adalah sesuatu yang mustahil atas Allah, hal ini bukan berarti harus menafikan salah satu sifat-Nya, yaitu sifat al-‘Uluww. Karena pengertiannya adalah dari segi maknawi bukan dari segi indrawi. (Dengan demikian makna al-‘Uluww adalah Yang maha tinggi derajat dan keagungan-Nya, bukan dalam pengertian berada di arah atas). Karena mustahil pengertian al-‘Uluww ini secara indrawi. Inilah pengertian dari beberapa sifat-Nya; al-‘Aali, al-‘Alyy dan al-Muta’li. Ini semua bukan dalam pengertian arah dan tempat, namun demikian Dia mengetahui segala sesuatu” (Fath al-Bari, j. 6, h. 136).
Pada bagian lain dalam kitab yang sama tentang pembahasan hadits an-Nuzul beliau menuliskan sebagai berikut:
“Hadits ini dijadikan dalil oleh orang yang menetapkan adanya arah bagi Allah, yaitu arah atas. Namun demikian kayakinan mayoritas mengingkari hal itu. Karena menetapkan arah bagi-Nya sama saja dengan menetapkan tempat bagi-Nya. Dan Allah maha suci dari pada itu” (fath al-Bari, j. 3, h. 30).
Pada bagian lain beliau menuliskan:
“Keyakinan para Imam salaf dan ulama Ahlussunnah dari Khalaf adalah bahwa Allah maha suci dari gerak, berpindah dari satu keadaan kepada keadaan yang lain, menyatu dengan sesuatu. Dia tidak menyerupai segala apapun” (Fath al-Bari, j. 7, h. 124).

Berikut Nama-Nama Ulama Beraqidah Asy'ariyyah:

Antara Ulama’-Ulama’ dalam Bidang Aqidah yang Bermazhab Al-Asya’irah
  • Imam Abu Al-Hasan Al-Asy’ari, pengarang kitab Al-Luma’ dan Maqolat Islamiyyin
  • Imam Al-Baqillani (405H)
  • Abu Ishaq Al-Isfarayini (418 H)
  • Imam Ishaq As-Syirazi (476 H)
  • Imam Al-Juwaini
  • Imam Al-Haramain Abu Al-Ma’ali Al-Juwaini (478 H), pengarang kitab An-Nizomiyah
  • Imam Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali r.a. pengarang kitab Al-Iqtisod fi Al-I’tiqod (505 H)
  • Imam Ibn ‘Asakir (576 H), pengarang kitab tabiyiin Kazb Al-Muftari
  • Imam As-Syahristani (548 H)
  • Imam Fakhruddin Ar-Razi pengarang kitab Asas At-Taqdis (606 H)
  • Imam Al-Allamah Al-Amadi (631 H)
  • Imam Al-Iji (756 H)
  • Imam Sa’ad At-Taftazani (793 H) pengarang kitab syarh Al-Maqosid
  • Imam As-Syarif Al-Jurjani (816 H)
  • Imam Abu Mansur At-Tamimi
  • Imam Nas Al-Maqdisi
  • Imam Al-Farawi
  • Imam Abu Al-Walid Al-Baji
  • Imam Al-Bahili
  • Imam Sultonul Ulama’ Izz ibn Abdis Salam
  • Imam HibbatulLah Al-Makki
  • Imam Al-Baijuri
Antara Mufassir-mufassir Bermazhab Al-Asy’ari
  • Imam Al-Mufassir Al-Allamah Al-Qurtubi r.a.
  • Imam Al-Mufassir Ibn Kathir (rujuk buku tobaqot As-Syafi’iyyah Al-Kubra 10/200 karangan Imam As-Subki, Ad-Durar Al-Kamin 1/85 karangan Ibn Hajar dan sebagainya)
  • Imam Al-Mufassir Ibn ‘Athiyyah Al-Andalusi r.a., pengarang kitab tafsir Al-Muharrar Al-Wajiz
  • Imam Al-Mufassir Abu Hayyan Al-Andalusi r.a., pengarang kitab Al-Bahr Al-Muhith.
  • Imam Al-Mufassir Fakhruddin Ar-Razi r.a., pengarang kitab tafsir mafatih Al-Ghaib
  • Imam Al-Mufassir Al-Hafiz Al-Buhgowi, pengarang kitab tafsir Al-Bughowi dan kitab Syarh As-Sunnah.
  • Imam Al-Mufassir Abu Al-Laith As-Samarqandi r.a., pengarang kitab tafsir Bahr Al-Ulum, kitab bustanul Arifin dan tanbih Al-Ghafilin.
  • Imam Al-Mufassir Abu Al-Hasan Ali An-Naisaburi pengarang kitab asbab An-Nuzul.
  • Imam Al-Mufassir Abu At-Thana’ Syihabuddin Al-Alusi Al-Husaini Al-Hasani r.a.
  • Imam Al-Mufassir At-Thamin Al-Halabi r.a., pengarang kitab tafsir Ad-Durr Al-Mashun.
  • Imam Al-Mufassir Al-Hafiz Jalaluddin As-Suyuti r.a., pengarang kitab tafsir Ad-Durr Al-Manthur.
  • Al-Imam Al-Khotib As-Syirbini r.a., pengarang kitab tafsir As-Siraj Al-Munir.
  • Imam Al-Allamah At-Thohir bin Asyur, pengarang kitab At-Tahrir wa At-Tanwir
  • Imam Az-Zarkasyi
  • Imam Mutawalli As-Sya’rawi r.a.
 
Ulama’-ulama’ Muhaddithin (hadith) yang bermazhab Al-Asya’irah
  • Imam Al-Hafiz Abu Al-Hasan Ad-Darqutni r.a.
  • Imam Al-Hafiz Abu Nu’aim Al-Ashbahani r.a., pengarang kitab hilyatul Auliya’
  • Imam Al-Hafiz Al-Hakim An-Naisaburi, pengarang kitab Mustadrak
  • Imam Al-Hafiz Ibn Hibban, pengarang kitab At-Thiqat
  • Imam Al-Hafiz Abu Sa’id Ibn As-Sam’ani r.a., pengarang kitab Al-Inshof
  • Imam Al-Hafiz Abu Bakr Al-Baihaqi r.a., pengarang kitab-kitab hadith dan kitab Al-Asma’ wa As-Sifat.
  • Imam Al-Khatib Al-Baghdadi
  • Imam Al-Hafiz Muhyiddin Yahya bin Syarf An-Nawawi r.a., pengarang kitab syarh sahih muslim dan banyak lagi.
  • Sheikhul Islam Imam Al-Hafiz Abu Amr bin As-Solah
  • Imam Al-Hafiz Ibn Daqiq Al-‘Aid
  • Imam Al-Hafiz Ibn Abi Jamrah Al-Andalusi, musnid Ahlul Maghrib
  • Imam Al-Hafiz Al-Karmani, pengarang syarah sahih Al-Bukhari
  • Imam Al-Hafiz Al-Munziri, pengarang At-Targhib wa At-Taqrib
  • Imam Al-Hafiz Al-Abi, pensyarah sahih Muslim
  • Imam Al-Hafiz Ibn Hajar Al-Asqolani, pengarang fahtul Bari dan sebagainya.
  • Imam Al-Hafiz As-Sakhowi r.a.
  • Imam Al-Qostollani r.a. pengarang Irsyad As-Sariy
  • Imam Al-Hafiz Al-Munawi r.a..
  • Imam Al-Hafiz Ad-Dimyathi r.a.
  • Sheikh Al-Hafiz Waliyullah Al-Dahlawi r.a.
  • Sheikh Abu Al-Mahasin Al-Qouquji
  • Sheikh Al-Hafiz Ahmad As-Siddiq Al-Ghumari r.a..
  • Sheikh Al-Musnid Muhammad Al-Hafiz At-Tijani.
  • Sheikh Musnid Ad-Dunya, Sheikh Muhammad Yasiin Al-Fadani.
  • Sheikh Al-Musnid Abbas Al-Maliki
  • Antara Ulama’-ulama’ Sirah yang Bermazhab Al-Asy’ari
  • Imam Qadhi ‘Iyad, pengarang kitab As-Syifa fi syama’il wa ahwal Al-Mustofa
  • Imam As-Suhaili r.a., pengarang kitab Ar-Raudh Al-Unf
  • Sheikh Ibn Khaldun
  • Imam Ibn Athir r.a.
  • Imam As-Solihi Ad-Dimasqi, pengarang kitab Subulul Huda wa Ar-Rosyad
  • Sheikh Yusuf An-Nabhani r.a.

Antara Ulama’-ulama’ Fiqh yang Bermazhab Al-Asy’ari

Menurut Imam Tajuddin As-Subki, majoriti ulama’ mazhab As-Syafi’ie, Malikiyah, Hanafiyah dan Sebahagian ulama’ Hanabilah bermazhab Al-Asy’ari. Demikian diriwayatkan daripada Imam Izzuddin bin Abdil-Salam yang turut diakui oleh Imam Abu Amr ibn Hajib dan Jamaluddin Al-Husairi. (At-Tobaqot 3/365)
 

Namun, kita senaraikan antara fuqaha’ yang kuat mempertahankan mazhab Al-Asy’ari ini iaitu:
  • Imam Tajuddin As-Subki, pengarang kitab Al-Saif As-Saqil
  • Imam Sheikhul Islam Zakaria Al-Ansori r.a..
  • Imam Ar-Rafi’ie As-Syafi’e
  • Imam Ibn ‘Abidin
  • Imam Ibn Hajib.
  • Imam Al-Habib Abdullah bin ‘Alawi Al-Haddad r.a.
  • Imam ‘Alauddin Al-Bukhari
  • Imam Al-Baidhowi r.a.
  • Imam Az-Zabidi r.a.
  • Imam Al-Qorofi r.a.
  • Mufti Makkah Sheikh Ahmad Zaini Dahlan As-Syafi’e
  • Antara Ulama’-ulama’ Qiraat yang Bermazhab Al-Asy’ari
  • Imam Al-Qari’ Ibn Jazri
  • Imam As-Syatibi r.a.
Antara Pemimpin-pemimpin Islam yang Masyhur yang Bermazhab Al-Asy’ari
  • Sultan Salehuddin Al-Ayubi
  • Sultan Muhammad Al-Fateh
  • Dan ramai lagi para ulama’ Islam yang bermazhab Al-Asy’ari...
Semoga Allah s.w.t. memberkati mereka dan seluruh umat Islam... Amin
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

0 comments :

Post a Comment